VISI

Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak FK UNUD merupakan unit kerja dari Universitas Udayana, dalam pengembangannya memiliki visi yaitu:

“Menjadi Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak Yang Menghasilkan Lulusan Yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya serta Mampu Berkiprah di Tingkat Internasional pada Tahun 2025”

Berdasarkan visi diatas yang dimaksud dengan unggul, mandiri dan berbudaya adalah sebagai berikut.

  • Unggul : SDM yang mempunyai kompetensi tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menghasilkan penelitian bertaraf nasional dan internasional.
  • Mandiri : SDM yang tangguh mampu mengaplikasikan dan mengembangkan keilmuannya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkembang sangat pesat dan dinamis.
  • Berbudaya : SDM yang memiliki kepekaan dan ketajaman nurani serta mampu memanfaatkan nilai-nilai luhur budaya lokal yang bersifat universal dalam berinteraksi dengan masyarakat.

MISI

Untuk mewujudkan visi diatas IPDSA FK UNUD memiliki misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terus menerus dalam bidang Ilmu Kesehatan Anak melalui sistem pembelajaran yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang memiliki moral/etika/akhlak dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Ilmu Kesehatan Anak yang berstandar internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.

TUJUAN

TUJUAN UMUM

Institusi Pendidikan Dokter Spesialia Anak FK UNUD memiliki 2 tujuan umum, yaitu:

  1. Kompetensi akademik peringkat magister yang mampu menyerap, meneliti, mengembangkan dan menyebarkan ilmu kesehatan anak sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Kompetensi professional peringkat dokter spesialis yang mampu memberikan pelayanan kesehatan anak secara paripurna dalam tingkat spesialistik bertaraf internasional sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

TUJUAN KHUSUS

Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak (IPDSA) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki 6 tujuan khusus yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan bermutu yang memiliki kompetensi, moral, etika dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, maupun internasional
  2. Meningkatkan kapasitas Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak (IPDSA) dalam memberikan akses pendidikan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak (IPDSA) yang sehat melalui optimalisasi peran organ-organ organisasi tatakelola yang berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan anak yang berkelas dunia untuk mencapai derajat kesehatan anak yang setinggi-tingginya
  4. Menjalin kerjasama di berbagai bidang untuk meningkatkan mutu pendidikan dan peserta didik serta untuk mengamalkan Tri Dharma perguruan tinggi.
  5. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu (mempunyai nilai tinggi), bermanfaat bagi masyarakat maupun pendidikan dan menghasilkan publikasi ilmiah nasional, internasional dan paten untuk kepentingan masyarakat.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pelayanan kesehatan/pengabdian masyarakat dengan mengedepankan patient safety dan berpegangan pada etika moral serta budaya.