Uji Coba LAM-PTKes 2019

Pada tanggal 29 September–1 Oktober 2019  Program Studi (PS) Ilmu Kesehatan Anak (IKA) Universitas Udayana menerima kunjungan dari tim tim evaluasi lapangan asesor Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) dalam rangka uji coba 9 kriteria. Tim asesor yang datang adalah Prof. Dr. dr. Nanan Sekarwana, Sp.A(K), MARS dan Prof. Dr. dr. Sukman Tulus Putra, Sp.A(K).

Kegiatan yang dilakukan pada hari pertama adalah sambutan dari Koordinator PS IKA FK UNUD dr. Gusti Ayu Putu Nilawati, Sp.A(K), MARS yang berharap prodi Ilmu Kesehatan Anak FK Udayana dapat menjadi unggul dalam akreditasi yang akan datang.

Setelah itu sambutan dilanjutkan oleh Kepala Departemen PS IKA FK Udayana, dr. Ketut Ariawati, Sp.A(K) yang memaparkan bahwa beliau bangga prodi Ilmu Kesehatan Anak FK Udayana menjadi salah satu dari tiga prodi Ilmu Kesehatan Anak di seluruh Indonesia yang terpilih untuk melaksanakan uji coba 9 kriteria LAM-PTKes.

Pada kesempatan kali ini juga dihadiri oleh Dekan FK UNUD Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B, Sp.OT (K) Spine. Beliau menekankan bahwa persiapan prodi IKA sangat baik meskipun masih uji coba. Uji coba ini serasa seperti akreditasi yang sesungguhnya.

Setelah sambutan acara dilanjutkan dengan presentasi Dekan dan Koordinator Program studi, pemutaran video perjalanan residen di FK Udayana, dan penelusuran dokumen pendukung untuk data akreditasi. Pada awalnya penelusuran bukti berupa diskusi terhadap apa yang ditulis di borang mengenai visi misi dan juga apa yang sudah dilakukan untuk melaksanakan visi misi tersebut dan diikuti dengan wawancara terhadap alumni, mahasiswa, dan dosen.

Tim asesor juga melakukan penilaian terhadap publikasi jurnal, sistem keuangan, rencana anggaran kegiatan, penilaian terhadap fasilitas IT, jaringan di prodi dan rumah sakit, dan penilaian lainnya.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan meninjau ruang-ruang perawatan yang ada di RS Sanglah. Disamping itu tim asesor juga meninjau ruang jaga residen dan ruang family room tempat keluarga pasien beristirahat, yang ada di RS Sanglah.

Pada hari kedua kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan dan diskusi hasil penilaian lapangan yang telah dilakukan oleh tim asesor serta penandatanganan berita acara. Tim asesor memberikan apresiasi kepada kesiapan program studi Ilmu Kesehatan Anak FK Udayana.

Dengan adanya akreditasi ini, diharapkan Prodi Ilmu Kesehatan Anak FK Udayana dapat menjaga dan meningkatkan mutu dan standar pelayanan serta mendokumentasikan semua kegiatan yang sudah dilakukan dengan baik sesuai standar yang ditetapkan nasional, guna persiapan menuju akreditasi Program Studi yang sebenarnya di tahun 2023. (redaksi)

BRAVO IKA UNUD!

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *