PROFIL SINGKAT PROGRAM STUDI ILMU KESEHATAN ANAK

FAKULTAS KEDOKTERAN – UNIVERSITAS UDAYANA

Nama Program Studi : Ilmu Kesehatan Anak
Nama Ketua Program Studi : dr. I Ketut Suarta, Sp.A(K)
Nama Sekretaris Program Studi : dr. Gusti Ayu Putu Nilawati, Sp.A(K), MARS
Alamat : Jl. Pulau Nias
Kode Pos : 80114
Kabupaten/Kota : Denpasar
Nomor Telp. / Fax : 0361-244038 atau 0361-257387
Alamat Email : kps_ika_sanglah@yahoo.com
Website : www.ppdsikafkunud.com
Gelar Lulusan : Spesialis Anak (Sp.A)
Deskripsi Singkat : Program Pendidkan Doter Spesialis-1 Ilmu Kesehatan anak Fakultas Kedokteran Universitas Udayana mulai dibuka pada tanggal 29 Juli 1991 melalui SK DIR JEN DIKTI Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia no. 046/DIKTI/1991. Lama pendidikan di Program Studi Ilmu Kesehatan Anak FK UNUD ditempuh dalam waktu 8 (delapan) semester dengan dengan beban studi SKS 105. Isi Pendidikan dibagi menjadi 2 (dua) yaitu: Substansi Akademik untuk pencapaian tingkat magister dan Keterampilan Keprofesian. Dalam pelaksanaannya Substansi Akademik maupun Keterampilan Keprofesian selalu jalan bersama-sama. Substansi Akademik diberikan dalam bentuk kuliah dan penyusunan tesis sedangkan Keterampilan Keprofesian dibagi dalam 3 tahap yaitu tahap Junior, tahap Madia dan tahap Senior. Pendidikan keprofesian didukung oleh 13 subbagian yaitu: Alergi-Imunologi, Hemato-Onkologi, Neurologi, PGD, Respirologi, Kardiologi, Tumbuh Kembang Ped.Sos, Nefrologi, Perinatologi, Infeksi dan Penyakit Tropis, Nutrisi, Gastro-Hepatologi, dan Endokrinologi. Untuk memantau kemampuan anak didik dilakukan evaluasi berkala setiap kenaikan jenjang berupa: Ujian tertulis, ujian lisan/praktek, pengamatan sehari-hari, evaluasi WPBA, ujian OSCE, ujian MCQ nasional. Disamping itu juga dilakukan ujian Kasus Longitudinal, Ujian tesis, Ujian Spesialis Anak dan terakhir National Board Examination yang dilaksanakan oleh KIKAI untuk memperoleh sertifikat kompetensi sebagai dokter spesialis anak. Program Studi Ilmu Kesehatan Anak didukung oleh tenaga pendidik dengan kualifikasi guru besar, doctor, spesialis konsultan dan spesialis serta 2 (dua) orang tenga administrasi. Sarana prasarana yang tersedia berupa Ruang Pertemuan Utama, beberapa ruang diskusi, Perpustakaan, e-journal sedangkan untuk pelatihan keprofesian dilaksanakan di RSUP Sanglah (RS Tipe A) yang telah terakreditasi JCI dimana tersedia R. Infeksi, R. Non Infeksi, Poliklinik/ rawat jalan, R. Perawatan Bayi, PICU, NICU, PGD/Triage. Disamping itu untuk memperluas pelatihan keprofesian PS IKA FK UNUD mengembangkan rumah sakit jejaring antara lain RSUD Sanjiwani – Gianyar. Untuk meningkat kemampuan kemandirian, PS IKA FK UNUD bekerja sama dengan beberapa RSUD di luar institusi yang terletak diluar Bali.
Visi : Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak FK UNUD merupakan unit kerja dari Universitas Udayana, dalam pengembangannya memiliki visi yaitu:

“Menjadi Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak Yang Menghasilkan Lulusan Yang Unggul, Mandiri, dan Berbudaya serta Mampu Berkiprah di Tingkat Internasional pada Tahun 2025”

Berdasarkan visi diatas yang dimaksud dengan unggul, mandiri dan berbudaya adalah sebagai berikut.

  • Unggul : SDM yang mempunyai kompetensi tinggi dalam memberikan pelayanan kesehatan dan menghasilkan penelitian bertaraf nasional dan internasional.
  • Mandiri : SDM yang tangguh mampu mengaplikasikan dan mengembangkan keilmuannya dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkembang sangat pesat dan dinamis.
  • Berbudaya : SDM yang memiliki kepekaan dan ketajaman nurani serta mampu memanfaatkan nilai-nilai luhur budaya lokal yang bersifat universal dalam berinteraksi dengan masyarakat.
Misi : Untuk mewujudkan visi diatas IPDSA FK UNUD memiliki misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan terus menerus dalam bidang Ilmu Kesehatan Anak melalui sistem pembelajaran yang bermutu dan menghasilkan lulusan yang memiliki moral/etika/akhlak dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, dan internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Ilmu Kesehatan Anak yang berstandar internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan kepentingan masyarakat dan bangsa Indonesia.
Tujuan : TUJUAN UMUM

Institusi Pendidikan Dokter Spesialia Anak FK UNUD memiliki 2 tujuan umum, yaitu:

  1. Kompetensi akademik peringkat magister yang mampu menyerap, meneliti, mengembangkan dan menyebarkan ilmu kesehatan anak sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Kompetensi professional peringkat dokter spesialis yang mampu memberikan pelayanan kesehatan anak secara paripurna dalam tingkat spesialistik bertaraf internasional sesuai dengan keadaan dan kebutuhan masyarakat.

TUJUAN KHUSUS

Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak (IPDSA) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana memiliki 6 tujuan khusus yaitu :

  1. Menghasilkan lulusan bermutu yang memiliki kompetensi, moral, etika dan integritas yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat lokal, nasional, maupun internasional
  2. Meningkatkan kapasitas Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak (IPDSA) dalam memberikan akses pendidikan dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.
  3. Mengembangkan Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak (IPDSA) yang sehat melalui optimalisasi peran organ-organ organisasi tatakelola yang berdaya guna dan berhasil guna dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan anak yang berkelas dunia untuk mencapai derajat kesehatan anak yang setinggi-tingginya
  4. Menjalin kerjasama di berbagai bidang untuk meningkatkan mutu pendidikan dan peserta didik serta untuk mengamalkan Tri Dharma perguruan tinggi.
  5. Menyelenggarakan penelitian yang bermutu (mempunyai nilai tinggi), bermanfaat bagi masyarakat maupun pendidikan dan menghasilkan publikasi ilmiah nasional, internasional dan paten untuk kepentingan masyarakat.
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu melakukan pelayanan kesehatan/pengabdian masyarakat dengan mengedepankan patient safety dan berpegangan pada etika moral serta budaya.
Kompetensi Prodi : Terakreditasi B oleh Kolegum Ilmu Kesehatan Anak Indonesia pada tahun 2012