Continuing Professional Development dengan tema “Maximizing Research Publication Productivity”

 

Jumat, 1 November 2019 Departemen/KSM Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/RSUP Sanglah Denpasar mengadakan continuing professional development (CPD) dengan tema “Maximizing Research Publication Productivity”. Acara ini diadakan di ruang pertemuan Profesor Sudaryat Suraatmaja sejak pukul 07.30 WITA hingga 12.00 WITA. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Medical Journal of Indonesia yaitu Dr. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U(K) sebagai pemimpin redaksi dan dr. Felix Firyanto Widjaja, Sp.Pd sebagai manajer redaksi.

Dalam acara ini khususnya membahas cara membuat suatu karya tulis yang baik dan benar sehingga layak untuk dipublikasikan. Sebagai pembukaan, acara ini dimulai dengan sambutan dari koordinator program studi Ilmu Kesehatan Anak yaitu dr. Gusti Putu Ayu Nilawati, Sp.A(K), MARS. Beliau menyampaikan manfaat dan pentingnya diadakan acara ini demi kemajuan ilmu kedokteran.

Disusul dengan materi tentang strategi untuk meningkatkan publikasi penelitian yang disampaikan oleh Dr. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, Sp.U(K). Beliau menuturkan banyak hal tentang publikasi, yaitu manfaat dari publikasi, cara publikasi, serta pemilihan jurnal publikasi.

Berikutnya dilanjutkan oleh narasumber kedua yaitu dr. Felix Firyanto Widjaja, Sp.Pd yang membahas etik penelitian, sitasi, dan daftar pustaka. Tanpa adanya etik penelitian maka tidak akan ada publikasi. Beliau juga menjelaskan langkah-langkah publikasi dari awal hingga akhir sehingga akan mempermudah peneliti untuk memahami cara publikasi.

Selanjutnya bagian yang paling ditunggu-tunggu dari acara ini adalah waktu diskusi bersama, dimana peserta diberikan kesempatan untuk bertanya kepada narasumber dan peserta diberikan suatu naskah penelitian untuk dilihat apakah naskah tersebut layak untuk publikasi. Terlihat antusiasme baik dari para residen dan dokter spesialis yang bertanya.

Diakhir kata, diharapkan melalui materi-materi tersebut dapat membantu para dokter dan mahasiswa untuk lebih memahami kiat-kiat publikasi penelitian sesuai visi PS IKA berpirah di tingkat internasional pada tahun 2025. (redaksi)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *